Social Icons

Sabtu, 26 Oktober 2013

Saatnya Mereview Berita ;)

Yak, kali ini saya akan mengajak anda-anda semua untuk mereview berita dari 3 situs berita yang cukup bertaring. Mau tahu lebih jelasnya? Scroll ke bawah terus ;)
Saya sengaja mengambil contoh dengan tragedi yang sama, jadi bisa lebih spesifik bagaimana mereview dan membandingkannya.

Contoh pertama saya ambil dari situs detik.com yang bertanggal 23 Oktober 2013,
Rabu, 23/10/2013 21:04 WIB


Berita yang disajikan oleh detiknews ini cukup singkat. Penulis juga sudah menggunakan prinsip piramida terbalik, yaitu menempatkan inti berita pada awal berita sehingga pembaca dapat segera mengetahui isi  atau informasi yang akan disampaikan. Namun berita ini juga kurang jelas karena 5W+1Hnya tidak lengkap. Berita ini tidak memberitahukan dengan jelas “kapan” terjadinya kecelakaan tersebut, Selain itu, penulis tidak menggunakan prinsip cover both side, karena penulis hanya menampilkan pernyataan petugas TMC Polda Metro Jaya, dan pernyataan itupun kurang mendetail. Penulis tidak menyertakan keterangan dari pihak-pihak lain yang mungkin terkait.

Berita yang kedua saya ambil dari situs tribunnews.com, langsung saja check it out! J



Dari sini kita bisa segera mengetahui inti berita yang akan disampaikan, yaitu adanya tragedi tabrak lari yang menewaskan seorang wanita tua. Itu artinya penulis berita ini sudah menggunakan prinsip piramida terbalik yang menampilkan inti berita pada awal penulisan. Isinya juga lebih jelas dan terupdate. Penulis juga memperhatikan 5W+1H khususnya How, yang menjelaskan jalan cerita terjadinya tragedi tersebut.

Berita yang terakhir adalah berita berasal dari situs tempo.co tentunya dengan inti berita yang sama.


Berbeda dengan berita-berita sebelumnya, berita dari tempo.co ini lebih panjang dan memuat informasi yang lebih jelas dan mendetail. Prinsip Piramida terbalik juga sudah diterapkan, jalan cerita tragedy juga dijelaskan secara rinci yang langsung didapat dari narasumbernya.

KESIMPULAN:

Dari ketiga berita ini, yang lebih baik untuk dijadikan contoh adalah berita dari tempo.co , karena informasi yang diberikan lebih mendetail dan terupdate. Penulis memberikan berita yang tidak setengah-setengah dan jelas meskipun waktu penulisannya hanya berselisisih beberapa jam dari kejadian. Tetapi jika ditinjau dari judul, saya lebih condong ke tribunnews karena pemilihan ketanya lebih menarik pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cute Purple Rain drop