Social Icons

Minggu, 16 September 2012

Contoh Penyelewengan Sosial


Assalamualaikum Wr. Wb

Kali ini saya mau memposting sedikit tentang contoh penyelewengan sosial nih, tindakan atau perilaku yang tidak sesuai dengan norma-norma sosial yang ada di masyarakat.               
               
 PENYELEWENGAN SOSIAL

1.     Perkelahian Antarpelajar


Perkelahian antarpelajar sering terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan kota-kota besar lainnya. Perkelahian tersebut tidak hanya menggunakan tangan kosong atau perkelahian sat lawan satu, melainkan perkelahian bersenjata , bahkan ada yang menggunakan senjata tajam serta dilakukan secara berkelompok. Banyak lomba berjatuhan, bahkan ada yang meninggal dunia. Lebih disayangkan lagi, kebanyakan korban perkelahian tersebut  adalah mereka yang justru tidak terlibat perkelahian secara langsung. Mereka umumnya hanya sekedar lewat atau hanya karena salah sasaran pengeroyokan. Kondisi ini jelas sangat mengganggu dan membawa dampak psikis dan traumatis bagi masyarakat, khususnya kalangan pelajar. Pada umumnya mereka menjadi was-was, sehingga kreativitas mereka menjadi terhambat. Hal ini tentu saja membutuhkan perhatian dari semua kalangan sehingga dapat tercipta suasana yang nyaman dan kondusif khususnya bagi masyarakat usia sekolah.


2.    Tindak Kejahatan (Kriminalitas)


Kejahatan adalah tingkah laku yang melanggar hukum dan norma-norma sosial sehingga masyarakat menentangnya. Sementara itu, secara yuridis formal, kejahatan adalah bentuk tingkah laku yang bertentangan dengan moral kemanusiaan (immoril), merugikan masyarakat, sifatnya asosiatif dan melanggar hukum serta undang-undang pidana. Tindak kejahatan bisa dilakukan oleh siapa pun baik wanita maupun pria, dapat berlangsung pada usia anak, dewasa, maupun usia lanjut. Tindak kejahatan pada umumnya terjadi pada masyarakat yang mengalami perubahan kebudayaan yang cepat dan tidak dapat diikuti oleh semua anggota masyarakat sehingga tidak terjadi penyesuaian yang sempurna. Selain itu tindak kejahatan disebabkan oleh tekanan mental atau kepincangan sosial. Oleh karena itu kriminalitas sering terjadi pada masyarakat dinamis seperti di perkotaan. Tindak kejahatan (kriminalitas) misalnya adalah pembunuhan, penjambretan, perampokan, korupsi dan lain-lain

Cute Purple Rain drop