Social Icons

Sabtu, 09 Juni 2012

Berawal dari In**** : Tempat Pemakaman Elite Ramai Dipesan

Assalamualaikum Wr. Wb
Bismillaahirrahmaanirraahiim, :))
Sore tadi, saat sedang asyik berbincang santai dengan ibu, saya sempat dikejutkan oleh sebuah tayangan salah satu infotaiment tentang "Pemakaman Elite di Karawang"
Tempat pemakaman ini bahkan justru "tak layak" disebut tempat pemakaman. ckkckckckck..
Masih dengan rasa heran plus penasaran yang mengebu-gebu, saya memutuskan untuk berkelana di google, dan waw! Hasilnya benar-benar mengejutkan sekali.
Apa yang terlintas dalam benak anda setelah melihat gambar di atas? Pasti anda tidak menyangkan jika gambar tersebut adalah potret dari sebuah pemakaman. Hahaha, begitu juga saya. Tapi pada kenyataannya, tempat yang luasnya mencapai 500 hektar tersebut memang difungsikan sebagai makam. Tak hanya makam, area yang didukung dengan pemandangan bukit, rerumputan hijau dan bunga-bunga bermekaran bak setting film-film Bollywood ini didukung oleh berbagai macam fasilitas lainnya seperti: jogging track, kolam renang, danau, ruang serbaguna, restaurant bahkan tempat ini juga bisa menjadi salah satu ajang foto sampai pesta pernikahan. Jaman memang benar-benar sudah berkembang. Tempat pemakaman yang dulunya terkenal "angker dan menakutkan" kini bisa menjadi tak kalah indah dengan taman-taman rekreasi.
Tak sedikit selebriti dan pejabat-pejabat kita yang sudah mulai memesan "tempat" di pemakaman mewah ini, bahkan yang diberitakan dalam infotaiment tersebut, ada yang memesan area seluas 3000 m (yang sejatinya bisa digunakn untuk kurang lebih 70makam) hanya untuk 2 makam saja. Tentunya dengan harga yang tidak biasa!
Mengunjungi alamat web ini membuat saya bertambah waw, waw dan waw sekali! Berikut akan saya kupas inti dari apa yang telah saya baca:
1. Ternyata area pemakaman dibagi 3 menurut agama.
   a. Universal Garden (Kristiani)
   b. Garden of Prosperity and Joy
   c. Five Pillars Garden
2. Fasilitas-fasilitas yang sudah saya sebutkan di atas
3. Kelebihan pemakaman"
  a. Permanen, tanpa biaya perawatan
  b. Kepemilikan bisa dialihkan/dijual
  c. Keamanan 24 jam, 7 hari / minggu
  d. Pembayaran bisa dicicil sampai 50kali
  e. Gratis asuransi maks. usia 60 tahun
  f. Akses mudah
4. lokasi pemakaman
  a. Single Burial (untuk 1 orang, tanpa bangunan)
  b. Semi Private (untuk 2-6 orang dengan tembok pembatas)
  c. Private Estate (untuk 4 orang dengan tembok pembatas dan dilengkapi meja, bangku serta  pot bunga)
  d. Family Estate (dalam satu kawasan khusus)
  e. Island Estate (dalam suatu kawasan khusus berbentuk pulau-pulau dengan design sendiri)
  f. Mauseolum (vertikal)
  g. Colombarium (untuk abu jenazah)
  h. Memorialization Wall (dinding bertuliskan namaa orang terkasih)
5. Biaya (sengaja pakai angka semua biar kelihatan nolnya banyak)
  a. Area kristen
    - termurah : Rp 19.000.000
    - termahal : Rp 3.400.000.000
      (bahkan ada yg sudah habis terpesan)
  b. Area Islam
    - termurah : Rp 19.000.000
    - termahal : Rp 1.800.000.000
  c. Area Tionghoa
    - termurah : Rp 20.000.000
    - termahal : Rp 1.200.000.000
Sementara, dii tempat lain ada lho tempat pemakaman yang dijadikan rumah oleh ibu-ibu tua yang hidup sebatang kara, ga punya uang untuk mendapat rumah yang lebih layak. Sayangnya saya tak berhasil mendapat gambar maupun video tayangan infotaiment tadii, saya juga browsing juga sepertinya ga ada. Tapi saya sempat menemukan beberapa contoh makam yang berbeda jauh dengan kondisi makam elite.
makam yang berada dalam kubangan
 

Dari kenyataan ini memang terlihat kontras sekali. Di satu sisi tempat pemakaman tertata rapi, tersedia lengkap dengan berbagai macam fasilitas namun di sisi lain tempat pemakaman bahkan dijadikan sebuah tempat tinggal, tempat pemakan sudah tak terawat hingga terendam air kubangan.
Mungkin, mereka yang lebbih memilih tuk menginvestikan hartanya demi sebuah tempat peristirahatan yang terkesan indah, nyaman dan mewah hanya belum mengetahui bahwa justru tempat itulah yang akan membuat masa penantian mereka menjadi sangat tidak nyaman sekali. Mungkin mereka masih belum tahu, walaupun dengan jutaan bajet yang sudah dikeluarkannya, takkan mampu membantunya tuk menjawab pertanyaan malaikat Munkar dan Nakir. Yah, merka hanya merasa lebih "tenang" jika suasana pemakamannya tak menakutkan seperti itu, mengapa tak sekalian free wi-fi, plus hiburan musik 24 jam ya? Lumayan tuh, mereka tak akan kesepian di sana.
Padahal kenyataannya, senikmat apapun fasilitas kuburannya, sebanyak apapun uang yang dikeluarkannya, jika memang perbuatan semasa hidupnya jauh dari kebaikan, semuanya menjadi percuma. Bahkan bisa jadi orang miskin yang kuburannya sempit berdesak-desakan bisa merasakan dunia barzah yang lebih nyaman, damai dan tenang dengan berbekal iman dan taqwanya semasa hidup. :3
Bukankah sudah jelas Al-Qur'an memberitahu kita bahwa Allah tidak menyukai pemboros? Dan pemboros-pemboros itu merupakan saudara-saudara setan? Sedangkan setan sendiri sangat ingkar kepada Allah. (inti dari QS ke 17 ayat 27)
Nah lho, jika Allah sudah tidak suka, bagaimana bisa menjadi tenang? Benar kan? :) Saya berani bilang jika ini adalah pemborosan besar-besaran! Jelas sekali, puluhan, ratusan juta bahkan milyaran uang (sekali lagi ini uang, iya uang! bukan daun) rela mereka keluarkan demi fasilitas yang tak akan bisa mereka rasakan. Bukankah ini suatu kemudharatan? Toh semahal apapun itu, rasanya pasti sama saja. Itu di dalam tanah, ga mungkin ber ac juga kaaaaan, please deh. --" Gemes sendiri jadinya. Yap, rasanya pasti sama saja meskipun yang mewah ataupun yang di kubangan, selama yang mereka tanam semasa hidup sama. Tapi tentu saja berbeda, ketika yang mereka tanam berbeda. Kan sudha menjadi sunatullahnya, kita akan menuai apa yang telah kita tanam! Nah lho camkan itu baik-baik.
Terus, buat yag berduit, harus investasi ke mana dong?
Weits, banyak saudara-saudara, banyak jalan menuju surga!
Kan bisa tuh, uang yang nolnya banyak ituuuuu dipakai untuk membangun masjid, sekolah, panti asuhan. Subhanallah, ga main-main lho itu.. Selama tempat yang anda bangun masih berdiri dan manfaatnya masih saja mengalir, selama itupula pahala yang akan anda terima tak berhenti tertuang di catatan anda.
Ini Indonesia bung! Masih banyak  lho yang ga punya rumah *hikscrying, masih banyak yang tidur di gerobak-gerobak, di rumah kardus, bahkan yang cuma beralaskan koran di kolong jembatan atau di trotoar-trotoar. Kenapa coba artis dan pejabat kita ga ngeluarin tuh uang sebanyak itu untuk membantu mereka? :((






Demikian sekilas opini saya, semoga bermanfaat ^^v
Wabillaahitaufiq wal hidayah, wa ridho wal inayah,
Wassalamu'alaykum Wr. Wb :))




















































8 komentar:

  1. liat daftar postinganmu didasbor, ternyata mbahas kuburan. ngggh -_- atuuuut

    btw, aku juga liat infotainment yang mbahas ini.
    sekian komen yang geje.

    BalasHapus
  2. aseeeeeek. :3
    dasbormu gak kebek postinganku a? :p
    he tp sangar lho, gawe kuburan ae sasmpek milyaran ngono

    BalasHapus
  3. saudra iblis ya begitu tuh
    punya uang berlimpah kok hias kuburan
    bagus kita bantu saudara2 kita
    masih kelaparan dan bantuan sandang pangan kita
    alhasil jgn kan makam elit
    surga elit pun akan di beri oleh ALLAH

    BalasHapus
  4. punya uang kok oon ya
    dari pada hias kuburan
    lebih bagus
    hias hati sendiri dulu
    atau pergunakan lah ke jalan
    ALLAH...
    waduh...jadi ceramah gua
    hahahahahahahahahahahaha

    BalasHapus
  5. Walah, ada ada aja ini dunia.. ckckckck

    BalasHapus

Cute Purple Rain drop